Cara Video Call WhatsApp Web di Laptop atau PC Terbaru

Polressumedang.id- Saat menggunakan aplikasi WhatsApp kita bisa melakukan panggilan video atau yang biasa disebut dengan video call. WhatsApp biasa digunakan pada aplikasi di smartphone kita, tapi kini juga sudah bisa di akses melalui laptop atau PC. Bahkan pada fitur panggilan video yang sebelumnya hanya bisa digunakan pada smartphone pun juga sudah bisa kita akses dengan mudah di Laptop maupun PC. Pengguna dari WhatsApp Web saat ini bisa terhubung ke Messenger Rooms dari Facebook. Meski begitu, untuk yang tidak punya akun Facebook juga tidak usah khawatir. Sebab layanan video call WhatsApp Web masih bisa kita lakukan tanpa punya akun Facebook. Di artikel ini akan diulas informasi seputar tutorial WA Web terutama untuk Cara Video Call WhatsApp Web.

Tentang WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah aplikasi berbasis browser online yang sanggup diakses lewat smartphone maupun laptop atau PC kita. Sebelumnya WhatsApp versi ini sudah mulai rilis sejak Februari 2018. Mekanisme memanfaatkan sistem mirroring dari WhatsApp yang sudah tersintall dalam smartphone kita. Semua pesan masuk ke WA ponsel juga akan masuk ke versi website. Karena WA Web perlu mengcopy pesan dari aplikasi smartphone kita jadi apabila smartphone tidak menyala, secara otomatis fungsi WhatsApp web juga akan berhenti. WhatsApp Web memungkinkan juga bagi pengguna untuk terhubung lebih dari satu akun sekaligus meski masih menggunakan versi beta.

Fungsinya kurang lebih sama, kita bisa menerima notifikasi pesan, membalas pesan baik berupa teks maupun dokumen, membuat obrolan grup, sampai menemukan Riwayat obrolan sebelumnya. Kelebihannya kita bisa langsung bisa membalas pesan saat sedang mode kerja di laptop atau PC, selain itu juga tidak perlu repot menginstal aplikasinya dulu ke PC maupun laptop. Sehingga lebih ringan tidak mengurangi kapasitas memori internal. Tapi sayangnya kita tidak bisa mengubah atau membuat statur WhatsApp secara langsung dari web. Jadi memang ada beberapa kekurangan pada versi browsernya, tidak selengkap versi aplikasi nya.

WhatsApp Web mendukung device dengan kriteria berikut:

Android

iOS 8.1 dan di atasnya

Windows Phone 8.0 dan 8.1

Nokia S60, Nokia S40 EVO

BlackBerry dan BlackBerry 10

Aman atau Tidak WhatsApp Web?

Pertanyaan ini sering kali muncul pada pengguna baru, jawaban untuk ini adalah ya aman. WhatsApp Web aman untuk kita gunakan karena ini bukan alamat hasil modifikasi dari pihak ketiga melainkan tersedia secara resmi dari pihak WhatsApp sendiri.

Fitur WhatsApp Web

Fitur WhatsApp Web

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, WhatsApp Web memiliki fitur dan fungsi yang hamper sama dengan WhatsApp versi aplikasi. Dari awal rilis sampai sekarang WhatsApp Web telah mengalami perkembangan dari segi fitur yang tadinya tidak ada fitur panggilan video dan suara saat ini sudah bis akita temukan. WhatsApp Web punya trik dan tips sendiri agar penggunanya bisa membuat obrolan jadi lebih bersifat interaktif. Berikut ini sekilas informasi seputar fitur WhatsApp Web.

Pintasan Emoji

Fitur emoji bisa diatur penempatannya pada WhatsApp Web, penempatannya ada pada sebelah kolom teks WhatsApp Web. Kita tidak perlu repot juga untuk buka tab emoji, tinggal ketikan saja misalnya titik dua (:) dan ada dua huruf pertama yang bisa ditemukan dari reaksi emoji tersebut. Teks bisa diganti melalui emoji. Emoji juga bisa muncul di atasnya agar bisa kita pilih.

Emotikon ke Emoji

Selain pintasan di atas ad acara lain untuk membuat pintasan untuk emoji pada WhatsApp, caranya ketik saja kode emotikonnya. Bagi kita pengguna pesan teks senior pasti sudah sedikit hafal dengan kodenya. Bila diketikan maka secara otomatis akan langsung berubah jadi emoji. Misal kode :* untuk membuat gambar emoji ciuman.

Gunakan Dua Akun di WhatsApp Web

Kali ini WhatsApp Web punya fitur yang bisa menautkan lebih dari satu akun tertaut. Ada cara guna menautkan kedua akun sekaligus dalam satu browser saja. Kita bisa membuat mode penyamaran. Keduanya bisa terbuka secara bersamaan di Google Chrome dan browser lain yang sejenis.

Mode Gambar dalam Gambar

Dalam mode ini sering disebut dengan Pi Patau Picture-in-picture. Biasanya ini berlaku untuk membuka alamat video Youtube, Instagram, maupun facebook. Fitur PiP pada dasarnya memudahkan ita sebagai pengguna untuk tidak perlu repot meninggalkan kolom chat di WhatsApp Web untuk bisa meihat video yang dikirimkan. Apabila kotak video tidak kunjung muncul sebaiknya tunggu selama beberapa detik dulu maka nanti gambar akan segera terbaca dan muncul.

Beda WhatsApp Web Dengan WhatsApp Dekstop

Selain WhatsApp Web ada pula WhatsApp khusus untuk Desktop. Seringkali pengguna menyamakan keduanya. Padahal WhatsApp Desktop adalah layanan berbasis aplikasi namun khusus untuk dipasang di Laptop atau PC. Secara umum WhatsApp Dekstop ini merupakan hasil adopsi dari cara kerja yang diterapkan pada WhatsApp Web. Mulai dari desain, tampilan antarmukanya, sampai fitur di dalamnya yang memang identik dengan WhatsApp Web itu sendiri. Lalu apa bedanya? Bedanya terletak pada pintasan dan basis pemasangannya saja sehingga tidak bercampur jadi satu dalam web browser saat digunakan.

Pada pintasan saat ingin menyembunyikan jendela laman WhatsApp Web kita bisa klik opsi minimize pada browser. Sehingga memungkinkan kitab isa mengakalinya dengan cara membuka di tab baru yang sengaja dikhususkan lalu tinggal memperkecil jendela tab yang kita buat tersebut. Sedangkan pintasan pada WhatsApp Web justru beda. Bila WhatsApp Web membuat pintasan untuk memulai chat baru dengan tombol ctrl+Alt+N , untuk WhatsApp Desktop justru menggunakan tombol ctrl+shift+N.

Cara Pakai WhatsApp Web

Berikut ini tahapan-tahapan untuk menggunakan WhatsApp Web di Laptop atau PC.

Langkah awalnya adalah dengan mengetik alamat URL resmi dari WhatsApp Web tersebut. Maka nanti akan langsung muncul satu kode barkode atau QR di layer kita. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp di smartphone kita, kemudian pilih symbol titik tiga di pojok kanan atas dalam aplikasi. Bagi pengguna Android coba klik pilihan Lingked Device untuk mengaktifkan kamera yang nanti digunakan untuk memindahkan kode QR.

Sedangkan bagi kita pengguna Ios atau iPhone pilih menu pengaturan atau settings pada bagian pojok kanan bawah dengan ikon roda gigi, lanjut pilih menu Link a Device lalu OK. Sekarang tiap kali kita Log in ke WhatsApp Web lewat device baru, nanti akan diminta otentikasi biometrik yang berupa sidik jari atau bisa pula scand wajah di ponsel. Baru nanti akan otomatis sinkron dengan WhatsApp Web di Laptop atau PC kita. Cara untuk log out dari WhatsApp kita bisa pilih titik tiga pada WhatsApp Web tersebut lalu pilih Log Out pada menu.

Cara Pakai WhatsApp Dekstop

WhatsApp Dekstop bisa ditempelkan langsung dalam Laptop atau PC kita, terutama yang menggunakan sistem operasi Windows 8.1 ke atas juga MacOS 10.10 ke atas. Apabila device kita sudah mendukung, kitab isa ikuti langkah berikut.

  1. Pilih laman untuk mendownload aplikasi WhatsApp Dekstop tersebut
  2. Lalu pilih Unduh atau Download
  3. Tunggu sampai proses pengunduhan selesai
  4. Setelah selesai silahkan buka folder yang mengumpulkan hasil download kita dalam Laptop atau PC kita, cari datanya dengan format .exe atau bisa pula .dmg biasanya akan langsung terlihat dengan gambar ikon WhatsApp yang kita kenal.
  5. Ke lima klik ikon WA tersebut untuk segera diinstal pada laptop
  6. Setelah sukses terpasang langsung saja buka WhatsApp Dekstop nya
  7. Tinggal log in dengan cara memindai kode barcode atau QR Code. Kode tersebut akan muncul di layar laptop atau PC kita . Pindai melalui kamera WhatsApp smarphone kita.
  8. Giliran kita menunggu proses pemindaiannya selesai dan nanti muncul ilustrasi sinkronisasi bersama dengan keterangan “menghubungkan” serta “end- to- end encryption” pada layer laptop atau PC kita
  9. Keduanya akan saling sinkron dan kemudian akan nampak beranda WhatsApp

Yang Dibutuhkan untuk Cara Video Call WhatsApp Web

Beberapa hal yang diperlukan saat melakukan video call WhatsApp Web adalah sebagai berikut.

  1. Kita tentu perlu konseksi internet, wajib dan tidak ada toleransi. Tanpa kondeksi internet WhatsApp tentu tidak akan berguna apa- apa.
  2. Perlu juga akses untuk mengaktifkan mikrofon dan kamera. Keduanya harus aktif guna mendukung kinerja fitur video call.
  3. Sebaiknya pakai earphone atau headset, agar kualitas suaranya lebih baik dan terdengar jelas. Melakukan panggilan lewat laptop atau PC sama seperti kita sedang menelfon dengan mode loud speaker. Jadi kemungkinan suaranya akan bergema.

Cara Video Call WhatsApp Web Mudah

Video Call menjadi fitur paling baru yang telah di update oleh pihak WhatsApp. Berikut adalah langkah untuk cara video call WhatsApp Web dengan mudah.

  1. Buka dulu aplikasi WhatsApp di laptop maupun PC, bisa di WhatsApp Web maupun Desktop
  2. Bukalah laman obrolan antarpribadi maupun antar grup, caranya pilih ‘Lampiran’ atau visualnya adalah ikon dengan gambar klip kertas. Lanjut pilih “Room”.
  3. Kita sebagai pengguna akan langsung diantar ke Messenger maka klik saja “Lanjutkan di Messenger”  lalu klik “Lanjutkan”
  4. Pilih opsi “Buat Forum sebagai (nama) . Layar tersebut akan segera memberi kita sebuah tautan
  5. Lanjut kirim alamat tautan yang sudah dibuat ke kontak atau langsung ke grup chat yang hendak kita hubungi menggunakan panggilan video

Cara Video Call WhatsApp Web untuk Grup

Jaman sudah makin canggih, panggilan video di WhatsApp Web tidak hanya bisa digunakan antar pribadi saja melainkan juga grup, berikut adalah informasi untuk melakukan panggilan video grup.

Cara untuk melakukan video call grup di WhatsApp Web adalah sebagai berikut.

  1. Terlebih dahulu buka kolom chat WhatsApp kita, temukan satu kontak tersimpan yang ingin kita hubungi
  2. Ketuk saja opsi Panggilan Video dengan gambar kamera video
  3. Sesudah itu kontak yang kita tuju akan segera menerima panggilan kita
  4. Silahkan tambahkan kontak lainnya dengan mengetuk opsi Tambah lalu Tambah Peserta bila ingin menambah lebih banyak lagi rekan untuk bergabung.

Cara Video Call WhatsApp Web untuk Bergabung di Video Grup yang Masuk

Jangan bingung bila ada panggilan grup masuk ke WhatsApp kita, begini cara mengangkatnya.

  1. Kita nanti akan kedapatan notifikasi atau pemberitahuan saat ada yang mengundang kita untuk gabung ke panggilan video grup
  2. Disarankan bila belum siap bergabung silahkan ketuk Abaikan, tapi apabila sudah siap segera ketuk Gabung
  3. Kita bisa meninjau dulu siapa saja yang dilibatkan dalam panggilan video grup tersebut melalui menu panggilan
  4. Ketika sudah mulai bergabung dalam panggilan video grup, kita akan melihat wajah rekan-rekan kita di layar
  5. Selagi sedang dalam panggilan, coba pilih Buka guna membuka informasi panggilan
  6. Tambahkan peserta guna meramaikan panggilan video grup tersebut
  7. Klik opsi Panggilan untuk segera memanggil kontak yang ingin diundang

Bergabung ke Panggilan Video Grup yang Tak Terjawab

Saat kita terlamban mengangkat panggilan grup, tenang saja masih ada kesempatan untuk bergabung selagi panggilan tersebut masih berlangsung.

  1. Apabila panggilan tersebut masih berlangsung, kita cukup melihat Riwayat panggilan tak terjawab.
  2. Dari menu riwayat penggilan tersebut, kita bisa mengetuk Gabung untuk bisa mengikuti panggilan video grup tanpa harus menghubungi seseorang untuk minta ditambahkan

Bagaimana Cara Membisukan Orang Lain di Panggilan Grup

Masing-masing dari kita yang terhubung dalam panggilan berhak mengatur sendiri pengaturan panggilan kita termasuk membisukan peserta lain. Caranya adalah dengan menekan dan tahan nama salah satu peserta. Lanjut tekan bisukan. Peserta tersebut bisa saja mengaktifkan kembali suara sendiri kapan saja dengan cara ketuk ikon mikrofon. Atau kitab isa mengirimkan pesan pada peserta tersebut secara langsung dalam panggilan grup tersebut, caranya tekan dan tahan ubin peserta tersebut.

Sebagai catatan:

  1. WhatsApp Web hanya memberi ruang untuk panggilan video grup sebanyak 32 peserta dalam satu waktu
  2. Peserta wajib terkoneksi dengan internet dengan sinyal yang cukup bagus, sehingga saat panggilan video sedang berlangsung kuaitas gambar dan suara bisa berjalan lancer tanpa ngadat atau tersendat
  3. Disaat panggilan video sedang berjalan, kita bisa saja mematikan kamera video kita dengan cara ketuk Matikan Video
  4. Kita juga bisa mengeluarkan peserta saat berlangsungnya panggilan video. Tapi kontak tersebut harus menutup teleponnya guna memutus panggilan video tersebut
  5. Kita bisa ada dalam panggilan video grup dengan seseorang yang sudah kita blokir kontaknya. Namun kontak terblokir tersebut tidak bisa menambahkan kontak yang memang sudah diblokir atau kita yang telah memblokirnya ke panggilan video.
  6. Terakhir sebagai tambahan informasi, panggilan video jenis ini hanya tersedia dalam device Android dengan sistem operasi OS 4.1 ke atas atau pada laptop dengan sistem operasi terbaru.

Menjawab Panggilan Saat Cara Video Call WhatsApp Web

Bila ada panggilan masuk lalu apa yang harus dilakukan, berikut caranya.

  1. Langkah awalnya adalah lihat dulu siapa yang menelfon, apakah sudah siap untuk menjawabnya?
  2. Bila sudah yakin dan siap langsung arahkan kursor ke pilihan Oke atau Beralih
  3. Arahkan kursor kita ke ikon gambar kamera saat ada panggilan
  4. Lalu klik ikon kamera, dan panggilan video akan segera berlangsung
  5. Tapi kalau belum yakin akan menjawab telfonnya, arahkan kursor pada pilihan kolom berwarna merah yang berarti tolak.

Demikian informasi lengkap seputar Cara Video Call WhatsApp Web di Laptop atau PC, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga ulasan lain di website polressumedang.id ini.